7 Petugas Lapas Kelas 1 Semarang Pindah Tugas Gara Pose Dua Jari

Spread the love

Viral – 7 orang dari Lapas 1 Semarang yang menjadi petugas ditempat terpaksa harus dipindahkan tugas ke Lapas Besi Nusakambangan akibat membuat simbol yang menunjukan dua jari.

Pasalnya, hal tersebut diketahui memberikan tanda bahwa para petugas tersebut memberitahu bahwa ikutserta dalam partispasi dalam mendukung salah satu pasangan calon Pilpres 2019.

Menurut informasi yang diterima yang mengatakan bahwa foto dari ketujuh petugas lapas tersebut sempat diunggah ke dalam akun Instagram pada bulan September 2018 silam. Beberapa diantara petugas tersebut menggunakan lencana yang bertulis berasal dari lapas kelas 1 yang berada di kota Semarang tersebut.

Foto itu kemudian diposting ke dalam akun Instagram pada bulan Maret 2019 dan disangkut pautkan dengan isu politik yang berada karena mendekati pemilu 2019 ini.

Pihak Kantor Wilayah Jateng Kementerian Hukum dan HAM RI, menepis jika ketujuh ASN Lapas Kelas 1 Semarang tersebut dimutasikan tugas karena memberikan salam dua jari.

“Mereka memang tidak mutasi, melainkan memang ada penugasan di Lapas Besi Nusakambangan,” tutur Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Jateng Kemenkumham RI Marasidin, saat dikonfirmasi, pada hari Selasa 9 April 2019.

Walaupun Begitu, Marasidin sendiri tidak memungkiri bahwa foto yang beredar memang berasal dari ASN Petugas Lapas 1 Semarang. Tapi, dia menegaskan foto tersebut memang tidak ada kaitan dengan Pemilu 2019.

Marasidin menjelaskan, jika pemindahan ketujuh petugas Lapas Kelas 1 Semarang ke Lapas Besi Nusakambangan terkait akan digelarnya Hari Bakti Pemasyarakatan tahun ini yang digelar di Nusakambangan.

“Jadi memang ada ketentuan buat mereka sebagai ASN, penugasan dalam rangka persiapan Hari Bakti Pemasyarakatan. Sekali lagi bukan dimutasi,” terangnya kembali.