Les Ferdinand Merasa Perkembangan Drastis Raheem Sterling Berkat Dukungan Pep Guardiola

Mobarezpress – Legenda Hidup Spurs, Les Ferdinand menilai perkembangan drastis dari Raheem Sterling dipengaruhi secara besar oleh sang pelatih.

Penyerang berusia 24 tahun jebolan akademi Liverpool itu mendapatkan berbagai ucapan yang kurang menyenangkan. Setelah dirinya memilih untuk bergabung bersama Manchester City di tahun 2015 silam.

Diketahui dalam negosiasi tersebut, pihak The Citizens harus membayar biaya penebusan sekitar 57,33 juta Poundsterling demi memboyongnya ke Etihad Stadium.

Namun, keputusan yang diambil oleh Sterling yang memilih untuk hengkang dari klub yang membesarkannya tersebut sejak masih di akademi, mengharuskannya untuk menerima berbagai perkataan yang kurang pantas dari para pemain yang menjadi legenda hidup dari The Reds seperti Steven Gerrard, Jamie Carragher, dan Graeme Souness yang memberikan ungkapan yang kurang mengenakkan baginya.

Memang, kala itu Sterling yang baru berusia 20 tahun sempat membeberkan alasan utamanya untuk tidak menambah kontrak bersama Liverpool dan malahan memilih untuk bergabung dengan Manchester City bukan atas dasar bayaran yang ia terima.

Berbeda halnya, bagi Les Ferdinand yang melihat keputusan Sterling itu melalui sisi positifnya. Ia menilai kelonjakan permainan dari Sterling, sebenarnya dipengaruhi oleh Pep Guardiola yang mulai melatihnya di musim 2016-2017 lalu.

“Tentunya anda merasa terkejut ketika dia berada dibawah bimbingan Pep Guardiola, meski dirinya masih terbilang muda,” pungkas Les Ferdinand.

Apa yang dituturkan Les Ferdinand memang benar bila menilik statistik kontribusi sang penyerang sayap dalam tiga musim terakhir.

Sterling mengalami peningkatan jumlah gol dari musim ke musim dalam berbagai ajang bareng The Citizens, yakni 10 (2016-17), 23 (2017-18), dan 25 (2018-19).

Selain itu, ia juga konsisten mengukir assist di atas 15 biji pada tiap musim (2016-17: 20, 2017-18: 17, 2018-19: 18).

Les Ferdinand percaya bahwa Sterling masih memiliki kesempatan untuk terus berkembang.

“Ada banyak hal yang perlu ia pelajari. Raheem juga mesti melakukan sesuatu yang lebih,” kata Ferdinand.

“Selain itu, ia harus menikmati kesuksesannya berada di depan gawang lawan,” tutur sepupu sang legenda Manchester United, Rio Ferdinand.