Wayne Rooney Nasehati Manchester United, Soal Pembelian Pemain Musim Panas Ini

Eks Striker Manchester United, Wayne Rooney memberikan saran bagi mantan klubnya untuk mendatangkan pemain yang haus akan prestasi ketimbang membeli pemain terkenal dengan harga yang mahal.

Ole Gunnar Solskjaer yang saat ini menjadi manajer tetap dari Manchester United. Diyakini akan melakukan perombakan secara besar-besaran dalam skuatnya menyusul hasil yang kurang memuaskan sepanjang musim 2018/19 kemarin.

Hal itu terlihat seperti negosiasi Manchester United dengan Swansea City terkait memboyong Daniel James ke Old Trafford seharga 18 juta Euro yang telah memasuki tahap akhir, tapi perekrutan Bruno Fernandes yang dipercaya akan dibatalkan setelah penundaan yang dilakukan oleh presiden klub untuk Bruno Fernandes diyakini akan batal setelah penundaan yang dilakukan oleh Ed Woodward.

Baca juga: Winger Swansea City, James Daniel Resmi Pindah Ke Manchester United

Pada Desember 2018 silam, Solskajer dipilih untuk mengisi kekosongan kursi pelatih yang ditinggalkan oleh Jose Morinho setelah Manchester United menduduki urutan keenam dan gagal melaju ke Liga Champions.

“Bagi Solskjaer, mungkin saya rasa yang dipikirkannya adalah mencoba untuk merancang skuat baru,” pungkas Rooney.

“Saya juga merasa, meski memiliki satu atau dua pemain seharga 100 juta Euro belum tentu bisa mendongkrak kualitas dari para pemain yang berada di sana.

“Saya pikir Solskjaer bisa mencari antara lima atau enam pemain yang memiliki kualitas untuk bisa menjadi pemain andalan tetapi ia tidak perlu untuk mengeluarkan dana 120 – 130 juta euro untuk para pemain ini.

“Dia bisa menghabiskan 30-40 juta Euro dan kemudian untuk meningkatkan kualitasnya yang juga akan memberi anda umur panjang dari para pemain dan memungkinkan anda untuk membangun skuat dengan lima atau enam pemain baru yang masuk, ditambah dengan beberapa pemain yang masih ada.

“Mungkin anda bisa mendatangkan pemain seperti Cristiano Ronaldo, Sergio Ramos, Lionel Messi maupun Gareth Bale mislanya, dan itu memerlukan biaya sekitar 300-500 juta Euro untuk bisa mendapatkannya. Untuk dua tahun dari Ronaldo, dan beberapa tahun dari Ramos yang selanjutnya akan menghilangkan uang itu.”

Setelah ditinggalkan oleh Sir Alex Ferguson di tahun 2013 silam. Membuat Manchester United harus puasa gelar dengan waktu yang cukup lama.

Rooney mencatatkan 253 gol saat tampil bersama Manchester United dan saat ini ia bergabung bersama DC United untuk bermain di MLS. Selain itu pemain berusia 33 tahun itu juga percaya jika para penggemar United akan tetap sabar untuk menunggu perubahan besar di era Solskjaer.

“Saya rasa klub memang perlu membangun kembali dengan pemain muda, tapi untuk itu juga mereka harus bisa membantu sang manajer untuk memperbaikinya,” pungkas Rooney.

“Dan saya pikir para penggemar Manchester United akan mengerti bahwa mereka mungkin tidak akan bersaing untuk Liga Premier tahun depan.

“Jadi biarkan mereka punya waktu itu, biarkan Ole punya waktu untuk membangun tim untuk dua atau tiga tahun ke depan yang akan bersaing, tidak hanya di level Liga Premier, tetapi di level Liga Champions.”